• 20/10/2023
  • 52

Babinsa Posramil 14 Hadiri Sosialisasi Dan Pembukaan SOTH

Babinsa Posramil 14 Hadiri Sosialisasi Dan Pembukaan SOTH

Babinsa Posramil 0828/14 Karang Penang Serda Erfan menghadiri pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pembukaan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) di Balai Pertemuan Karang Penang oloh Kec. Karang Penang Kab. Sampang.

Kegiatan sosialisasi dan pembukaan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) tersebut dihadiri oleh Bidan puskesmas Ibu Widya, Koordinator Balai PLKB Kec. Karang penang Ibu Aminatus, Babinsa Posramil Karang Penang Serda Erfan Bhabinkamtibmas, Fasilitator SOTH Perwakilan Penggerak PKK, Siswa Orang Tua Desa.

Sekolah Orang Tua Hebat, atau biasa disebut dengan SOTH, adalah sekolah pengasuhan yang digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengasuh anak, terutama anak BALITA.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh bidan Ibu Widya dan menjelaskan bahwa salah satu visi Indonesia di tahun 2045 adalah terciptanya Generasi Emas.“Untuk mewujudkan hal itu (Generasi Emas), kita perlu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sedangkan saat ini, kita masih memiliki persoalan dalam pembangunan kualitas SDM, salah satunya adalah stunting”, ucap dia.

Koordinator Balai PLKB Kec. Karang penang Ibu Aminatus yang juga hadir pada sosialisasi ini, menjelaskan bahwa kualitas pengasuhan yang diterapkan orang tua sangat menentukan kualitas anak. Karena itu, mencetak orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan anak menjadi langkah strategis untuk melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta untuk mencegah bayi lahir stunting.

BACA JUGA :  Kodim Sampang Bergerak! Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 Amankan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

“Mengasuh anak yang baik perlu dipelajari, dilatih, dan diimplementasikan oleh orang tua. Hal itu bisa dicapai salah satunya dengan SOTH, yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya”, lanjut dia.

Dia juga berharap agar seluruh peserta dapat berkomitmen untuk menyelesaikan kegiatan SOTH sampai akhir.

Serda Erfan menyampaikan bahwa Koramil siap membantu pelaksanaan kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat untuk mencegah dan meminimalisir kasus Stunting. Pungkasnya

BACA JUGA :  Tingkatkan Kesiapsiagaan, Kodim Sampang Gelar Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Ta 2023

BACA JUGA

Sinergi Dandim Sampang Bersama Forkopimda dalam Kilau Malam Resepsi Kemerdekaan RI ke-79

Sinergi Dandim Sampang Bersama Forkopimda dalam Kilau Malam Resepsi…

Sampang – Dandim 0828/Sampang, Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto,…
Transformasi Rumah Ibu Sarimah: Sentuhan Emas Babinsa Koramil Torjun, Serda Aliwafa

Transformasi Rumah Ibu Sarimah: Sentuhan Emas Babinsa Koramil Torjun,…

Sampang, 31 Juli 2024 – Babinsa Koramil 0828/04 Torjun,…
Serda Syamsul Renovasi Rumah Bu Sumaiyah: Kini Tahap Pemasangan Resplang

Serda Syamsul Renovasi Rumah Bu Sumaiyah: Kini Tahap Pemasangan…

Pangarengan — Babinsa Posramil 0828/13 Pangarengan, Serda Syamsul, terus…