• 02/09/2023
  • 13

Antusias Prajurit Kodim Sampang Meriahkan Kerapan Sapi Perang Bintang Piala Panglima TNI

Antusias Prajurit Kodim Sampang Meriahkan Kerapan Sapi Perang Bintang Piala Panglima TNI

Personil kodim 0828/Sampang beserta Persit KCK Cab. XLVII Dim 0828 Sampang dan masyarakat wilayah Sampang Sebanyak 500 orang ikut meramaikan gelaran kerapan sapi perang bintang piala Panglima TNI,
Sebanyak 96 pasang kerapan sapi siap beradu kecepatan dilintasan Stadion kerapan Sapi RP. Moh Noer, Kampung Skep, Kelurahan Bancaran, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dalam perhelatan kerapan sapi mega bintang Piala Panglima TNI 2023 yang akan berlangsung 2-3 September 2023.

Lomba Kerapan Sapi Piala Panglima TNI hari ini Sabtu (2/9/2023) digelar di lapangan R.P. M. Noer Bangkalan, Madura.

Di hari pertama ini diperlombakan kelas sapi rajeh (sapi besar) yang diikuti oleh 48 peserta dari seluruh kabupaten yang ada di pulau Madura dan beberapa peserta dari luar Madura.

Bupati Bangkalan Drs Mohni, M.M. saat menyampaikan sambutanya mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya lomba kerapan sapi piala Panglima TNI yang dihadiri langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

“Saya sangat bangga atas terselenggaranya kerapan sapi piala Panglima TNI ini yang dihadiri langsung oleh bapak Panglima TNI, dan ini adalah sejarah pertama dalam tradisi Kerapan Sapi Madura. Kami berharap kerapan sapi piala Panglima TNI ini akan berlanjut pada momen-momen berikutnya,” ungkap Plt Bupati Bangkalan.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. saat menyampaikan sambutanya juga mengungkapkan rasa bangga karena bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.TNI harus selalu berada bersama masyarakat untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat, karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat.

Menurutnya, kerapan sapi merupakan tradisi masyarakat Madura yang telah lama hidup dan menjadi identitas budaya masyarakat Madura. Kerapan sapi menjadi kebanggaan dan harus terus dilestarikan. Jangan sampai budaya ini tergerus oleh arus globalisasi dan menjadi asing di tanah air kita sendiri.

Lomba kerapan sapi ini bukan hanya mencari siapa yang cepat atau siapa yang menang, tetapi juga merupakan perwujudan keberanian, ketrampilan dan semangat persaudaraan dengan semangat kompetisi yang tinggi dari para peserta lomba.

Laksamana TNI Yudo juga mengingatkan agar para peserta lomba menjunjung tinggi sportifitas dan etika dalam setiap aspek perlombaan ini dan menghormati setiap regulasi yang sudah ditentukan dalam perlombaan.

Sementara itu, Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M. selaku ketua penyelenggara lomba mengatakan, “Al-Hamdulillah Lomba Kerapan Sapi Piala Panglima TNI hari pertama ini dapat digelar dengan lancar dan aman. Ini karena kerja keras dari kita semua dalam mempersiapkan acara ini. Terima kasih kepada seluruh panitia dan pemerintah Kabupaten Bangkalan serta masyarakat Bangkalan atas dukungan dan partisipasinya pada lomba kerapan sapi Piala Panglima TNI ini, sehingga semuanya dapat berjalan sesuai harapan kita bersama”, ucap Danrem.

BACA JUGA :  Kodim Sampang Gelar Penjurian Lomba Foto dan Karya Tulis Kesenian Tradisional

BACA JUGA

Pelepasan dan Pentas Seni TK Kartika IV-88  Binaan Kodim 0828/Sampang

Pelepasan dan Pentas Seni TK Kartika IV-88  Binaan Kodim…

Sampang,- 15-Juni-24, Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0828…
Babinsa Koramil Ketapang Turun ke Sawah Bantu Petani Perkuat Ketahanan Pangan

Babinsa Koramil Ketapang Turun ke Sawah Bantu Petani Perkuat…

Ketapang – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan…
Serda Heri Bersama Poktan Tingkatkan Produktivitas Padi di Desa Lepelle

Serda Heri Bersama Poktan Tingkatkan Produktivitas Padi di Desa…

Robatal – Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional,…