• 18/07/2023
  • 33

Cek Berkala Posbindu TMMD 117 Kodim 0828 Sampang Pastikan Kesehatan Warga Pasarenan

Dalam hal kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang untuk itu cek berkala sangat dianjurkan. Hal itu seperti yang dilakukan tim kesehatan satgas TMMD ke 117 kodim 0828 sampang kepada warga Pasarenan.

Program Non Fisik TMMD 117 TA 2023 Kodim 0828/Sampang menggelar pemeriksaan posbindu PTM terhadap warga Pasarenan serta Sosialisasi Kesehatan Stunting dan Keluarga berencana kerjasama Kodim 0828/Sampang dengan Dinas Kesehatan Kab. Sampang, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kec. Kedungdung dihadiri Peserta 100 orang Kader Kesehatan, Kader PKK  yang diselenggarakan di Aula posko TMMD Ke 117 Kodim Sampang Desa Pasarenan Kab. Sampang Selasa (18/7/2023).

Kordinator TMMD 117 Tahun 2023 Kodim 0828/Sampang Kapten Inf Darminto mengatakan Program TMMD terdapat 3 sasaran diantaranya sasaran fisik yaitu jalan rabat beton, Pembangunan ruang guru dan 10 Rutilahu dan untuk sasaran non fisik diantaranya Penyuluhan Kesehatan,  Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Pemberdayaan Masyarakat dan lain lain. Yang kita laksanakan hari ini yaitu program sasaran non fisik penyuluhan Sosialisasi Kesehatan Stunting dan Keluarga berencana kerjasama dengan dinas terkait dan Kec. Kedungdung,” ungkapnya.

Tim kesehatan satgas TMMD kodim 0828/Sampang bersama dinas kesehatan kab. Sampang menggelar kegiatan non fisik TMMD ke 117 2023 Pos pembinaan terpadu dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap penyakit tidak menular bagi warga Pasarenan kec. Kedundung.

Pasiter Kodim 0828/Sampang Kapten Inf Darminto mengatakan “peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat.

Salah satu strategi yang dikembangkan pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular  salah satunya dengan dikembangkannya model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM atau Penyakit Tidak Menular.  

“Posbindu PTM merupakan peran serta keluarga dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Dijelaskannya, tujuan Posbindu PTM yaitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat segera dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan dan tidak semakin meluas.

Posbindu PTM sendiri dapat dilaksanakan terintegrasi dengan upaya kesehatan bersumber masyarakat yang sudah ada, bisa di tempat kerja atau di klinik perusahaan, asrama/perumahan dengan  memanfaatkan sarana dan tenaga yang dalam pelaksanaan Posbindu kali ini,  melibatkan anggota satgas TMMD ke 117 kodim 0828 Sampang bersama Dinkes kab. Sampang yang telah dilatih sebagai kader dan mereka sudah mendapatkan pelatihan secara khusus dalam melaksanakan pemantauan faktor resiko PTM, ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan penyuluhan ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk mencapai tujuan hidup sehat sekaligus juga menunjang keberhasilan pembangunan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat yang berkualitas, khususnya bagi warga desa Pasarenan kec. Kedungdung.

BACA JUGA :  Pantau Situasi Pasar Tradisional, Babinsa Pangarengan Komsos Dengan Pembeli Dan Pedagang

BACA JUGA

Sertu Miran: Kerja Nyata Rutilahu Dengan Jiwa yang Membangun Desa Samaran

Sertu Miran: Kerja Nyata Rutilahu Dengan Jiwa yang Membangun…

Tambelangan – Babinsa Koramil 0828/11 Tambelangan, Sertu Miran, terus…
Jumat Sehat: Kodim Sampang dan Persit Bergandengan Tangan dalam Ajang Olahraga Bersama

Jumat Sehat: Kodim Sampang dan Persit Bergandengan Tangan dalam…

Sampang, 26 Juli 2024 – Dalam rangka mempromosikan kesehatan…
Babinsa Koramil Robatal di Sasaran Rutilahu Tahap Pengecatan di Desa Lepelle

Babinsa Koramil Robatal di Sasaran Rutilahu Tahap Pengecatan di…

Robatal, 26 Juli 2024 – Dalam upaya mendukung program…