• 31/05/2023
  • 25

Dandim 0828/Sampang Bersama Forkopimda Ikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023

Dandim 0828/Sampang Bersama Forkopimda Ikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023

Bertempat di Pemkab Jl. Jamaluddin Kel. Gunung Sekar Kec. / Kab. Sampang telah dilaksanakan kegiatan Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, S.E. dan Komandan Upacara Danramil 03/Omben Kapten Arm Junaidi.

Adapun yang hadir dalam kegiatan upacara hari lahir pancasila antara lain, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, S.E.beserta Ibu, Dandim 0828 / Sampang Letkol Czi Subrobo Harjo Subroto SE, M, Han. beserta Ibu
Kapolres Sampang diwakili oleh Kabagren Kompol Aries Dwiyanto, S.H.
Ka Kejaksaan Negeri Sampang Budi Hartono, S.H., M.Hum.Ketua Pengadilan Negeri Sampang Andri Falahandika Ansyahrul, S.H, M.H.Ketua PA Sampang Dr. Jamadi LC, M.E.I beserta Ibu
Sekdakab Sampang Yuliadi Setiawan, S.Sos, MM beserta Ibu,Kepala Kemenag Kab. Sampang Abdul Wafi, S.Pd, M.Pd,
PJU Kodim 0828/Sampang dan Polres Sampang.Para Staf Ahli Pemkab Sampang, Para Asisten Setda Kab. Sampang, Para Kepala OPD dan Kabag Pemkab Sampang, Forkopimcam se Kab. Sampang.

Pasukan peserta upacara 1 Pleton anggota Polres Sampang 1 Pleton anggota Kodim 0828/Sampang
1 Pleton Dishub Kab. Sampang
1 Pleton Sat Pol PP Kab. Sampang
1 Pleton BPBD Kab. Sampang
1 Pleton Dinas Damkar 2 Pleton Korpri
1 Regu Korsik Pemkab Sampang 1 Regu Linmas.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat S.E membacakan amanat Presiden Indonesia” Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, Dasar Negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber Hukum Negara.

Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional serta mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman faktual dan pengamalan akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia.

Untuk itu selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasi Pancasila sehingga senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, bangsa dan Negara.

“Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, tetapi turut menjadi Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila bukan hanya untuk di baca dan didengar namun harus dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari.Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid 19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia ke depan, kita mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang unggul, menjunjung tinggi pluralisme berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggaraan negara yang bebas dari perilaku Korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia menjadi negara yang mandiri dan Negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak yaitu pemilu 2024 untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai, kita jaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila.

Dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang di tetapkan oleh WHO, yaitu 20% untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong menurunkan angka stunting itu sebagai salah satu bentuk pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

Selain itu marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke mulai dari Miangas hingga hingga pulau Rote, terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas untuk meningkatkan kemajuan dan kejayaan Bangsa.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia saya sampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila ini dan terimakasih juga kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan seharian.Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila ini ,kita makin meningkat kinerja, berprestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan tahun-tahun yang akan datang.

Hari Lahir Pancasila sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945 sehingga secara resmi sudah masuk Kalender Nasional setiap tanggal 01 Juni untuk diperingati.

BACA JUGA :  Babinsa Banyuates Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Masjid

BACA JUGA

TNI Bersama Masyarakat Desa Labuhan: Rehabilitasi Musholla Nur Jannah Demi Kenyamanan Beribadah

TNI Bersama Masyarakat Desa Labuhan: Rehabilitasi Musholla Nur Jannah…

Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh – Dalam rangka mewujudkan komitmen…
Sinergi TNI dan Petani: Babinsa Koramil Kedungdung Bersama Poktan Tingkatkan Produksi Padi

Sinergi TNI dan Petani: Babinsa Koramil Kedungdung Bersama Poktan…

Kedungdung, 18 Mei 2024 – Dalam rangka mendukung program…
Babinsa Koramil Omben Serma Budi Menginspirasi Petani Desa Sogian dengan Penyuluhan Perawatan Padi yang Inovatif

Babinsa Koramil Omben Serma Budi Menginspirasi Petani Desa Sogian…

Omben, 18 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan produktivitas…