• 13/05/2023
  • 41

Babinsa Banyuates Bantu Petani Panen Kacang Tanah Di Desa Binaan

Babinsa Banyuates Bantu Petani Panen Kacang Tanah Di Desa Binaan

Sebagai ujung tombak TNI-AD, Babinsa senantiasa selalu berada di tengah masyarakat untuk pembinaan teritorial, salah satunya adalah pendampingan kepada para petani di desa binaan.

Babinsa Koramil 0828/09 Banyuates Serda Wagiman yang membantu warga memanen kacang tanah di lahan milik Mbah Rukmini(60) di Desa Jatra Timur Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang.

Serda Wagiman mengatakan, panen yang dilakukan pada areal tanaman kacang tanah seluas kurang lebih 0,25 hektar, Babinsa melakukan pendampingan dari awal penyimpanan lahan sampai masa panen tiba untuk mensukseskan program swasembada pangan.

BACA JUGA :  Kodim Sampang Vidcon TNI AD Manunggal Air dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting Secara Virtual

“Tanaman kacang tanah yang dipanen merupakan hasil jerih payah Mbah Rukmini selama tiga bulan yang dimulai dari penyiapan, penanaman, perawatan sampai panen secara bergotong-royong itu,” ujarnya.

Lahan pertanian di wilayah binaan Koramil Banyuates itu lebih memilih ditanami kacang tanah dan sayuran sejenisnya sebagai selingan Tanaman Padi yang harganya saat ini naik turun tidak menentu.

“Menyiasati musim tanam kali ini, kami memang mengandalkan kacang tanah, bukan tanpa alasan, teknis penanaman kacang tanah ini hanya sekali memerlukan air yaitu pada saat awal penanaman saja. Selanjutnya dirawat saja sampai menunggu masa panen, dan ini dirasa cocok dengan cuaca saat ini, dimana curah hujan turun tidak menentu,” ucap Babinsa.

BACA JUGA :  Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat, Babinsa Koramil Omben Bantu Warga Buat Jamban.

Sementara itu, Mbah rukmini selaku pemilik lahan pertanian mengatakan bahwa tanaman kacang tanah yang dipanen sudah berumur 90 hari atau kurang lebih 3 Bulan dan sudah waktunya dipanen.

“Lahan yang digarap ini adalah upaya dari Babinsa di kampungnya yang selalu aktif memberikan motivasi dan semangat bercocok tanam yang baik sebagai selingan tanaman padi. Bahkan tak sungkan-sungkan selalu bersama-sama warga menggarap lahan dari awal sampai akhir tanam,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Program TMMD Ke-117 di Sampang Wujud Kontribusi TNI Membangun Daerah

“Terima kasih dengan upaya adanya pendampingan dari Babinsa yang telah memberikan motivasi kepada kami dari masa tanam sampai saat panen tiba,” tutur Mbah Rukmini.

BACA JUGA

Sertu Miran: Kerja Nyata Rutilahu Dengan Jiwa yang Membangun Desa Samaran

Sertu Miran: Kerja Nyata Rutilahu Dengan Jiwa yang Membangun…

Tambelangan – Babinsa Koramil 0828/11 Tambelangan, Sertu Miran, terus…
Jumat Sehat: Kodim Sampang dan Persit Bergandengan Tangan dalam Ajang Olahraga Bersama

Jumat Sehat: Kodim Sampang dan Persit Bergandengan Tangan dalam…

Sampang, 26 Juli 2024 – Dalam rangka mempromosikan kesehatan…
Babinsa Koramil Robatal di Sasaran Rutilahu Tahap Pengecatan di Desa Lepelle

Babinsa Koramil Robatal di Sasaran Rutilahu Tahap Pengecatan di…

Robatal, 26 Juli 2024 – Dalam upaya mendukung program…